WELCOME

WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 04 November 2010

KANKER SERVIKS

Kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang potensial menghinggapi wanita. Untuk mencegahnya,salah satu langkah paling efektif adalah dengan melakukan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV). HPV merupakan virus penyebab kanker serviks yang memiliki gejala timbulnya benjolan (kutil/warts) pada daerah tempat infeksi. Biasanya benjolan yang timbul bersifat jinak,tetapi ada beberapa tipe HPV yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker). Sedangkan secara keseluruhan,HPV memiliki ratusan tipe.
HPV bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus HPV tipe 16 dan 18 menimbulkan 70% kasus keganasan leher rahim. Sementara tipe 6 dan 11 menimbulkan 90% kasus kutil pada genital (daerah kelamin).

Penularan HPV bisa melalui kontak seksual. Tetapi kapan terjadinya penularan tersebut, tidak dapat dipastikan karena infeksi HPV seringkali tanpa disertai gejala. Serangan HPV kebanyakan memang tidak menimbulkan gejala. Sehingga masyarakat harus lebih proaktif dalam melakukan pemeriksaan dan pencegahan.
Tindakan pencegahan antara lain dengan menganut pola hidup pasangan seks tunggal,menggunakan kondom atau melakukan vaksinasi. Vaksinasi HPV (Cervarix) ini dinilai banyak pihak cukup efektif terhadap serangan HPV tipe 16 dan 18 (penyebab kanker leher rahim). Keefektivannya mencapai 100% dan memiliki titer yang tinggi selama bertahun-tahun,karena vaksinnya memiliki tambahan kandungan ASO4. Sehingga tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi ulangan. Vaksinasi ini diberikan sebanyak tiga kali,dengan selisih 0-1-6 bulan. Soal syarat pemberian vaksin dan efek sampingnya,tidak ada syarat khusus untuk pemberian vaksin,namun lebih disarankan pada wanita yang belum aktif secara seksual.

Kanker leher rahim (Ca Cervix) sasaran keganasan serangannya yakni leher rahim. Kanker ini merupakan terbanyak yang mengenai wanita selain kanker payudara. Faktor resiko penyebab serangan kanker leher rahim diantaranya hubungan seks pada usia muda atau menikah pada usia muda,berganti-ganti pasangan seksual,merokok,defisiensi zat gizi (kekurangan vitamin A),serta masa menopause.
Secara umum,tanda gejala kanker leher rahim antara lain:
1.     munculnya benjolan pada vagina,bila berukuran besar fungsi kandung kemih dan rektum terganggu (nyeri ketika berkemih dan buang air besar)
2.    nyeri panggul atau perut bagian bawah
3.    pada stadium lanjut,ditandai kondisi badan yang kurus karena kurang gizi,bengkak kaki,timbul iritasi kandung kencing dan usus besar bagian bawah atau timbul gejala akibat metastasis jauh.

Tindakan pencegahan yang terbukti ampuh adalah dengan mengkonsumsi jus noni,dimana kandungan zat-zat gizi pada buah noni (mengkudu) terbukti mampu mencegah dan menghentikan jaringan sel kanker. Meminum secara teratur 30 mL jus tahitian noni ini perhari akan menghindarkan dan mengobati anda dari kanker serviks yang mematikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar